Manajemen Pariwisata

NILAI KEPUASAN PENGUNJUNG SAUNG ANGKLUNG UDJO

Penulis
Dosen:
  1. DIDIN SYARIFUDDIN
Tanggal Terbit
15 November 2021
Kategori
Jurnal Nasional Terakreditasi [SINTA 4]
Penerbit
Media Wisata
Kota / Negara
Yogyakarta / Indonesia
Volume
Volume 19
Halaman
167 - 178
ISSN
ISSN 16935
E-ISSN
EISSN 2685843
E-ISBN
10.36275/mws
URL
https://amptajurnal.ac.id/index.php/MWS
Abstrak
Pelanggan adalah orang penting dalam organisasi bisnis, tidak
bergantung pada perusahaan bukan orang untuk diperdebatkan,
sehingga keinginan pelanggan merupakan tugas perusahaan untuk bisa
diwujudkan. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan nilai kepuasan
pelanggan sebagai dampak dari nilai pelanggan. Penelitian ini
menggunakan metode verifikatif dengan analisis regresi. Hasil
penelitian menjelaskan bahwa seni pertunjukan Saung Angklung Udjo
merupakan pertunjukan seni tradisional yang menghasilkan alunan nada
yang indah, dapat menumbuhkan kesenangan dan kepuasan
penontonnya, dampak dari tumbuhnya nilai pentas seni, pelayanan,
personal, citra dan nilai biaya. Tumbuhnya nilai pengunjung berdampak
pada tumbuhnya kepuasan pengunjung sehingga menumbuhkan pengetahuan, rasa senang dan
kembalinya rasa gembira masyarakat dari perasaan jenuh karena rutinitas hariannya. Ini
merupakan aspek penting dalam masyarakat yang dapat dijadikan acuan dalam proses
interaksi serta sebagai pola tingkah laku dan pola fikir kelompok yang diakui bersama dalam
melakukan wisata.