Manajemen Pariwisata

PENGARUH KUALITAS DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI KUSWINI CATERING BANDUNG

Penulis
Dosen:
  1. FAIZAL HAMZAH
Mahasiswa:
  1. FADLI ARIESTA
Tanggal Terbit
18 Februari 2022
Kategori
Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi [Lainnya]
Penerbit
Jurnal Sain Manajemen
Kota / Negara
Bandung / Indonesia
Volume
4/1
Halaman
26-35
E-ISSN
2685-6972
E-ISBN
https://doi.org/10.51977/sainsm.v4i1
URL
https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsm/article/view/694
Abstrak
Pariwisata tentunya tidak terlepas dari sektor makanan dan minuman, katering merupakan salah satu industri yang berkecimpung dalam bidang makanan dan minuman, salah satu usaha katering yang terletak di Bandung adalah Kuswini catering. Tentunya catering selalu berkaitan dengan konsumen, dimana kepuasaan konsumen menjadi salah satu hal yang penting bagi kelangsungan katering, kepuasan konsumen dipengaruhi oleh beberapa faktor, beberapa diantaranya ialah kualitas produk dan inovasi produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas dan inovasi produk terhadap kepuasan konsumen di Kuswini catering Bandung. Dengan jenis penelitian kuantitatif deskriptif verifikatif. Data didapat dari sampel penelitian konsumen Kuswini catering Bandung. Data didapat dari kuisioner yang telah disebar kepada 110 responden. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen di Kuswini catering Bandung, (2) inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen di Kuswini catering Bandung, dan (3) kualitas produk dan inovasi produk secara Bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan konsumen di Kuswini catering Bandung.