Manajemen Pariwisata

Stone Garden Tourist Value: A Sociological Value Perspective

Penulis
Dosen:
  1. DIDIN SYARIFUDDIN
Tanggal Terbit
15 Mei 2022
Kategori
Jurnal Nasional Terakreditasi [SINTA 4]
Penerbit
Media Wisata
Kota / Negara
Yogyakarta / Indonesia
Volume
Volume 20, Nomor 1
Halaman
103 - 113
ISSN
ISSN 16935969
E-ISSN
EISSN 26858436
E-ISBN
Doi: 10.36275/mws
URL
http://jurnal.ampta.ac.id/index.php/MWS
Abstrak
Tingginya tingkat perubahan dalam kehidupan sosial masyarakat
menuntut peningkatan pengetahuan masyarakat dalam perilaku
sosialnya, yang berdampak pada tumbuhnya kecerdasan masyarakat
untuk beradaptasi terhadap perubahan lingkungan sosial tersebut,
termasuk pelanggan. Pelanggan telah menjadi sasaran perhatian bagi
organisasi bisnis termasuk Stone Garden, melalui peningkatan nilai
pelanggan. Tujuan penelitian untuk menjelaskan nilai pengunjung dari
segi fungsional, sosial, emosional dan spiritual selama berkunjung ke
Stone Garden dilanjutkan dengan pemaknaan nilai pengunjung dari
sudut pandang nilai sosiologis. Metode penelitian yang digunakan
adalah metode deskriptif kwantitatif dengan ukuran sampel 100 orang,
menggunakan rumus persentase dilanjutkan penentuan range untuk menetapkan interval
penilaian persepsi responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai fungsional, sosial,
emosional dan spiritual termasuk ke dalam kategori sangat baik.