Manajemen Pariwisata

Strategi Pengembangan Objek Wisata Kolam Renang Graha Melati

Penulis
Dosen:
  1. MUSAFA
Tanggal Terbit
15 April 2022
Kategori
Jurnal Nasional Terakreditasi [SINTA 5]
Penerbit
LPPM STP ARS INTERNASIONAL
Kota / Negara
bandung / indonesia
Volume
4
Halaman
14-24
URL
https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/JIIP/article/view/736
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pengembangan Objek Wisata Kolam Renang Graha Melati di Cikadut, Kelurahan Karangpamulang, Kecamatan Mandalajati, Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif adalah suatuanalisa yang digunakan untuk menggambarkan maupun memecahkan suatu masalah yang diteliti secara sistematis, dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya Kondisi Sapta Pesona yang mendukung namun kurangnya dari segi keindahan, serta fasilitas yang dimiliki Graha Melati dapat menunjang kegiatan wisat dan mengetahui faktor internal dan eksternal bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengembangan objek wisata kolam renang Graha Melati. Berdasarkan hasil IFAS dan EFAS dan berdasarkan hasil posisi diagram SWOT, kolam renang Graha Melati berada di kuadran I yang dimana artinya objek wisata tersebut memiliki kekuatan yang besar dengan memanfaatkan peluang yang ada. Sehingga strategi yang pengembangan yang tepat adalah strategi S-O diantaranya: 1). Meningkatkan atau menambahkan fasilitas yang baru dan menarik untuk dikunjungi guna meningkatkan kunjungan wisatawan; 2). Mengembangkan dan Meningkatkan akses lokasi serta melengkapi prasarana yang ada; 3). Meningkatkan hubungan kerja sama baik itu kerjasama kemitraan, Pemerintah daerah maupun Masyarakat guna lebih mengoptimalkan pengembangan kolam renang Graha Melati; 4). Memperbaiki dan meningkatkan kondisi sapta pesona yang ada guna menarik dan memberikan rasa kenyamanan bagi pengunjung wisatawan