Manajemen Pariwisata

Seberapa Besar Kualitas Pelayanan Dapat Mempengaruhi Keputusan Tamu Menginap?

Penulis
Dosen:
  1. FAIZAL HAMZAH
  2. YOSEF ABDUL GHANI
Mahasiswa:
  1. ZARTIAN ADE SILFANA
Tanggal Terbit
20 Oktober 2022
Kategori
Jurnal Nasional Terakreditasi [SINTA 5]
Penerbit
Jurnal Kajian Pariwisata
Kota / Negara
Bandung / Indonesia
Volume
4/2
Halaman
100-109
E-ISSN
2686-2522
E-ISBN
10.51977/jiip.v4i2.769
URL
https://www.ejurnal.ars.ac.id/index.php/JIIP/article/view/769
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris Seberapa Besar Kualitas Pelayanan Dapat Mempengaruhi Keputusan Tamu Menginap di Hotel Mercure Bandung Nexa Supratman. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden dari populasi 3.497 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan pengujian hipotesis menggunakan uji R2 dan uji t (uji parsial). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa secara keseluruhan kualitas pelayanan dan keputusan menginap tamu masuk ke dalam kategori cukup baik. Dari hasil pengujian statistik uji R2 kualitas pelayanan berpengaruh sebesar 58,1% terhadap keputusan menginap tamu, dan hasil uji t (uji parsial) diperoleh nilai T hitung sebesar 11,662 dengan nilai signifikansi yaitu 0,000. Dengan demikian, dapat diketahui bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menginap tamu di Hotel Mercure Bandung Nexa Supratman.