Manajemen Pariwisata

PROSEDUR PELAYANAN BANQUET WAITER DALAM MENANGANI TAMU EVENT DI HOTEL ASTON PASTEUR BANDUNG

Penulis
Dosen:
  1. WILLMA FAUZZIA
Mahasiswa:
  1. RANDY KURNIA PRADANA
Tanggal Terbit
25 Maret 2023
Kategori
Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi [Lainnya]
Penerbit
Jurnal Perhotelan Pariwisata (TELPAR)
Kota / Negara
Bandung / Indonesia
Volume
Vol 1 No. 2
Halaman
51-56
E-ISBN
https://doi.org/10.59820/telpar.v1i2.86
URL
https://jurnal.politeknikpajajaran.ac.id/index.php/telpar/article/view/86/56
Abstrak
Hotel merupakan salah satu sarana akomodasi yang menyediakan berbagai fasilitas guna memenuhi kebutuhan para tamu hotel, maupun wisatawan mulai dari tempat menginap hingga kebutuhan makanan serta minuman yang dikelola dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Hotel tentunya memerlukan bagian-bagian atau departemen yang dapat menunjang kegiatan operasionalnya. Food and Beverage Service merupakan salah satu bagian dari Food and Beverage Department yang terdapat di hotel yang bertanggung jawab dalam melayani serta memenuhi kebutuhan makanan dan minuman, baik dalam menyediakan maupun menyajikannya kepada para tamu. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan secara deskriptif dengan mengumpulkan data-data melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dan pembahasan yang telah dijabarkan, dapat disimpulkan bahwa Banquet Waiter memiliki peranan yang cukup vital dalam kelangsungan operasional di Hotel Aston Pasteur dengan menangani penyelenggaraan suatu acara yang akan digelar, mulai dari tahap preparation, during operation, hingga closing. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Standar Operasional Prosedur dalam melayani tamu event sebagai seorang Banquet Waiter di Hotel Aston Pasteur.