Manajemen Pariwisata

EFEKTIFITAS DIGITAL MARKETING DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP BRAND IMAGE PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KARANA DENTAL CLINIC

Penulis
Dosen:
  1. MUSAFA
Tanggal Terbit
01 September 2023
Kategori
Jurnal Nasional Terakreditasi [SINTA 5]
Penerbit
LPPM IAI Al Khairat
Kota / Negara
Pamekasan / Indonesia
Halaman
375-384
Abstrak
Terjadinya pademi Covid-19 yang secara tiba-tiba membuat Karana Dental Clinic sebagai salah satu Klinik Gigi di Kota Bandung bergerak memanfaatkan digital marketing dan
electronic word of mouth sebagai media pemasaran agar tetap dapat bertahan dari situasi sulit ini . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas digital marketing
dan electronic word of mouth terhadap brand image pada masa pandemi Covid-19 di Karana Dental Clinic. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik
purposive sampling dan data yang digunakan adalah data primer. Data diperoleh dari kuisoner yang disebar kepada 100 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verivikatif yang dibantu oleh software IBM SPSS Versi 25. Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh
positif dan signifikan variabel digital marketing dan electronic word of mouth terhadap brand image secara parsial maupun simultan. Hasil uji kolerasi menunjukan bahwadigital marketing terhadap brand image memiliki hubungan yang kuat. Adapun hasil dari electronic word of mouth terhadap brand image memiliki hubungan yang sedang. Apabila
digital marketing dan electronic word of mouth baik maka akan meningkatkan brand image yang baik begitupun sebaliknya.