Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke Kebun Binatang Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Terdapat tiga fokus pengembangan dalam hasil penelitian ini, yaitu Daya Tarik Wisata (Atraksi), Accesbility, Prasarana dan Sarana (Amenitas). Dari tiga fokus penelitian tersebut ada beberapa aspek peningkatan yang sudah berhasil, salah satunya Amenitas dengan prasana yang telah tersedia dengan lengkap dan sarana akomodasi yang juga telah tersedia. Akan tetapi masih ada aspek yang masih perlu diperhatikan salah satunya pengembangan Attraction. Masih banyak lahan yang kosong dan masih dalam tahap renovasi dan masih banyak masyarakat yang belum tahu akan perubahan dari Kebun Binatang Bandung. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa strategi yang tepat yang harus dijalankan di Kebun Binatang Bandung adalah strategi yang memanfaatkan kekuatan melalui peluangpeluang yang ada sehingga dapat menutupi berbagai kelemahan yang ada, strategi tersebut dapat mencakup pengembangan sarana dan prasarana wisata, sistem pelayanan, dan meningkatkan media promosi. |