Manajemen Pariwisata

STRATEGI PEMASARAN PAKET WISATA MELALUI MEDIA ONLINE PADA BELITUNG CANTIK TOUR AND TRAVEL

Penulis
Dosen:
  1. FAIZAL HAMZAH
Tanggal Terbit
27 Agustus 2024
Kategori
Jurnal Nasional Terakreditasi [SINTA 5]
Penerbit
Jurnal Sains Manajemen
Kota / Negara
Bandung / Indonesia
Volume
6/2
Halaman
76-86
E-ISSN
2685-6972
DOI
https://doi.org/10.51977/jsm.v6i2.1671
URL
https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsm/article/view/1671/933
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran paket wisata melalui media online yang diterapkan pada belitung cantik tour and travel. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, wawancara mendalam, teknik dokumentasi, dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang dipadukan dengan analisis SWOT. Pembahasan hasil strategi pemasaran yang dilakukan oleh belitung cantik tour and travel merupakan strategi SO (Strenght-Opportunity) dengan memberikan harga paket wisata yang lebih murah dan harus didampingi dengan kualitas produk/paket wisata agar penjualan sesuai dengan target. Strategi ST (Strenght-Threats) untuk membuat variasi paket wisata dn merubah tampilan website menjadi lebih menarik dan optimal. Strategi WO (Weakness-Opportunity) memberikan pilihan baru bagi wisatawan yang ingin menentukan paket wisatanya sesuai dengan yang diinginkan. Strategi WT (Weakness-Threats) meningkatkan kualitas produk dan service agar menarik minat wisatawan untuk memesan paket wisata tersebut. berdasarkan hasil pembahasan, dapat memberikan saran-saran mengenai strategi pemasaran yang tepat di belitung cantik tour and travel.