Manajemen Pariwisata

STRATEGI PENGEMBANGAN PEMASARAN MEDIA INSTAGRAM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN (STUDI PADA WISATA EDUKASI KAMPUNG BAMBOO)

Penulis
Dosen:
  1. YOSEF ABDUL GHANI
Tanggal Terbit
27 September 2024
Kategori
Jurnal Nasional Terakreditasi [SINTA 4]
Penerbit
lppm BSI
Kota / Negara
Jakarta / Indonesia
Volume
11/2
Halaman
140-157
URL
https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp/article/view/19983/pdf
Abstrak
Penelitian ini bertujuan menganalisis media Instagram dan strategi pemasaran melalui media instagram di Kampung Bamboo. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif observasional melalui studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa kendala yang dihadapi Kampung Bamboo dalam mengelola akun Instagram meliputi minimnya kreasi akun yang menyebabkan strategi pemasaran belum optimal dan kurangnya pemahaman tentang cara-cara yang efektif dalam mengelola media sosial instagram. Konten hanya diunggah ketika ada kegiatan atau kunjungan wisatawan, sehingga produksi konten terbatas pada saat ada kegiatan yang berlangsung dan kunjungan wisatawan yang terjadi. Dalam penelitian ini, hasil IFAS menunjukkan total skor matriks adalah 2,835 sedangkan EFAS menunjukkan total skor matriks adalah 2,5458. Hasil ini men menunjukkan posisi pemasaran digital Kampung Bamboo melalui Instagram berada pada sel V dengan Strategi yang dapat dilakukan adalah pertahankan dan pelihara (hold and maintain), upaya yang bisa dilakukan adalah mengoptimalkan konten jalin interaksi aktif dengan pengikut, manfaatkan hashtag dan geo-tag yang relevan, berkolaborasi dengan influencer lokal untuk memperluas jangkauan dan memperkuat citra merek, analisis rutin untuk memahami perilaku pengikut dan memperbaiki strategi pemasaran, perkuat keterlibatan offline, serta kembangkan jaringan dan kerjasama dengan mitra pariwisata lokal guna meningkatkan eksposur dan mencapai audiens yang lebih luas dan memelihara agar hal tersebut terus dilakukan.